5 Bahan Terbaik dan Ternyaman untuk Seragam Olahraga

Jasa pembuatan Kaos dan seragam olahraga



Dengan banyaknya pilihan material, warna, dan fitur, pembuatan seragam atau baju olahraga bisa jadi proses yang panjang. Bahkan membingungkan bagi sebagian orang. Namun, pemilihan material yang tepat bisa membuat baju olahraga tersebut jadi lebih baik. Lebih enak dikenakan. Pada akhirnya, lebih sering dipakai berolahraga.

Baju olahraga tidak bisa disamakan dengan baju sehari-hari. Ia harus punya kualitas khusus. Beda olahraga, beda pula fitur yang dibutuhkan. Namun, pada dasarnya, material baju olahraga haruslah lentur, memberikan sirkulasi udara yang baik, dan kuat. Tanpa ketiga kualitas ini, pengalaman berolahraga pasti jadi tidak menyenangkan.

Material terbaik untuk seragam atau baju olahraga

Lalu, bahan atau material apakah yang paling bagus untuk seragam olahraga? Jawaban pertanyaan tersebut tentunya lebih dari satu. Bergantung dari olahraga yang akan dilakukan. Tidak ada satu bahan terbaik untuk semua.

Kalau kamu berencana untuk membuat seragam untuk tim futsal kantor, atau tim basket komplek, ada baiknya kamu baca artikel ini dulu:

1. Bahan sintetis

Bahan yang breatheable ini merupakan pilihan utama dalam pasar seragam olahraga. Pasalnya, material ini menyerap keringat dengan baik dan membuat penggunanya tetap sejuk sepanjang aktivitas. Plus, bahan sintetis juga memiliki kelenturan yang cukup baik. Penggunanya bisa bergerak dengan leluasa.

Ini berbeda sekali dengan bahan yang memiliki campuran karet atau plastik. Kain dengan kedua campuran tersebut akan terasa sangat gerah ketika dikenakan.

2. Microfiber

Bahan yang satu ini terbuat dari denier fiber. Biasanya, kain ini terbuat dari campuran nilon, polyester, atau keduanya. Bahan ini bisa menyerap dan mengeringkan dengan cepat. Ketika keringat menyerap ke kain, bahan ini akan menyebarkannya ke seluruh bagian seragam, membuatnya lebih cepat kering.

3. Katun

Katun merupakan kain untuk kaos sehari-hari. Namun, kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat seragam olahraga. Seperti microfiber, katun juga menyerap dan mengeringkan keringat dengan cepat. Penggunanya akan merasa sejuk sepanjang aktivitas olahraga.

Kain ini juga terasa fleksibel dan lentur. Membuat penggunanya bebas bergerak ke sana-sini. Tidak ada hambatan ketika bergerak.

4. Calico

Calico merupakan kain apik yang terbuat dari kapas. Bahan yang halus dan breatheable ini sangat nyaman di kulit. Material kapasnya menyerap keringat dengan baik. Plus, bahan ini juga ramah lingkungan. Bisa terurai dengan cepat. Bahan ini dikenal juga dengan nama mutton cloth dan muslin cloth.

5. Spandex

Spandex, atau yang dikenal juga dengan istilah elastane, merupakan salah satu jenis bahan elastometric. Bahan ini bisa melar menjadi lima kali lipatnya tanpa robek. Ketika tidak digunakan, bahan ini akan kembali ke ukuran sebelumnya.

Spandex kerap digunakan di pasar sport fashion. Lentur dan terlihat apik, tidak mengherankan jika bahan ini populer di pasar seragam olahraga. Bahan ini sering sekali digunakan di olahraga figure skating, senam, renang, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa bahan yang paling cocok untuk seragam olahraga. Sebenarnya, material-material ini terbagi lagi menjadi puluhan jenis yang berbeda. Dengan spesifikasi dan detail yang berbeda pula. Jadi, bahan apa nih yang kamu pilih untuk seragam tim olahraga kamu?

Bingung mau pakai bahan yang mana? Tenang! Barata Sablon siap membantumu memilih bahan terbaik untuk seragam olahragamu. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang konveksi dan Sablon, Barata Sablon adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan konveksi dan pembuatan seragammu.

0 Komentar